Kamis, 23 Februari 2012

pengertian kurikulum

1.       Pengertian kurikulum menurut pendapat para ahli:
*      Menurut Hilda Taba
Kurikulum adalah sebuah rancangan pembelajaran, yang disusun dengan mempertimbangkan berbagai hal mengenai proses pembelajaran serta perkembangan individu.
*      Menurut Daniel Tanner Laurel Tanner
Kurikulum adalah pengalaman pembelajaran yang terrencana dan terarah, yang disusun melalui proses rekontruksi pengetahuan dan pengalaman yang sistematis dibawa pengawasan lembaga pendidikan agar pembelajar dapat terus memiliki minat untuk belajar sebagai bagian dari kompetensi sosial pribadinya.  
*      Menurut Romine
Kurikulum mencakup semua temu pembelajaran, aktivitas dan pengalaman yang diikuti oleh anak didik dengan arahan dari sekolah baik didalam maupun diluar kelas.
*      Menurut Murray Print
Kurikulum didefinisikan sebagai semua ruang pembelajaran terencana yang diberikan kepada siswa oleh lembaga pendidikan dan pengalaman yang dinikmati oleh siswa saat kurikulum diterapakn.
*      Menurut George A. Beaucham,(1976 hal.58-59)
Kurikulum sebagai bidang studi membentuk suatu teori yaitu teori kulum, selain bidang studi kurikulum juga sebagai rencana pengajaran dan sebagai suatu sistem persekolahan.
Sumber:
                Nasution, S.2008. Kurikulum dan Pengajaran. Bumi Aksara.
                Muslich, Mashur.2008. Seri standar nasional. Budi Aksara.  

2.       Pendapat saya tentang pengertian kurikulum yaitu: separangkat bahan pembelajaran yang telah direncanakan dengan baik yang diterapkan dalam proses belajar ditingkatan pendidikan tertentu dan  harus dituntaskan oleh siswa sehingga dapat memperoleh ijazah. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar